Nama Sekolah : MI. As-Saudiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 8 x 35 Menit (4 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
1. Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الإشارة القريب
Kompetensi Dasar :
1.1. Bercakap tentang perkenalan تعارف (1) dengan struktur kalimat dasar yang meliputi هذا + إسم مفرد/علم.
Indikator : Kosa kata dan Percakapan (مفردات و حوار)
1. Melafalkan mufradat baru tentang تعارف (1) dengan makhraj dan panjang pendek yang benar;
2. Menyebutkan arti tiap mufradat baru;
3. Melafalkan hiwar tentang تعارف (1) dengan makhraj serta intonasi yang benar;
4. Menggunakan tiap kalimat dan ungkapan pelajaran hiwar;
5. Memperagakan hiwar secara perpasangan dengan baik dan benar;
6. Membaca pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar.
: Susunan Kalimat (تركيب)
1. Membedakan penggunakan kata tunjuk (هذا) dan (هذه) ;
2. Menggunakan susunan kalimat yang terdiri atas (هذا / هذه + علم ) dengan benar;
3. Melakukan tanya jawab dengan pertanyaan (من هذا ؟ ) dan (من هذه ؟ ) dengan benar.
: Bacaan (قراءة)
1. Membaca pelajaran qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar;
2. Menjodohkan ungkapan-ungkapan pelajaran qira'ah dengan benar.
: Tulisan (كتابة)
1. Menyalin bahan imla yang disediakan dengan tulisan yang benar;
2. Menyusun kata-kata yang disediakan menjadi kalimat yang benar.
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat
Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الإشارة القريب tentang تعارف (1)
II. Materi Pembelajaran : Kosa Kata, Percakapan, Susunan Kalimat, Bacaan Dan Tulisan.
III. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demontrasi, Tanya Jawab dan Penugasan.
IV. Sumber Pelajaran : Buku Paket Bahasa Arab Kelas IV Dr. D. Hidayat dan Buku LKS Kelas IV
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Memberi salam.
Membaca doa bersama-sama.
Mengabsen siswa dan mengkondisikannya.
Menjelaskan bahwa pada pertemuan tersebut akan belajar pelajaran pertama tentang perkenalan تعارف (1) .
2. Kegiatan Inti
Melafalkan mufradat baru tentang تعارف (1) dengan makhraj dan panjang pendek yang benar.
Menyebutkan arti tiap mufradat baru.
Melafalkan hiwar tentang تعارف (1) dengan makhraj serta intonasi yang benar.
Mendemontrasikan hiwar tentang تعارف (1) secara berpasangan dengan baik dan benar.
3. Kegiatan Akhir
Tanya jawab arti mufradat baru yang berkaitan dengan تعارف (1) .
Memberikan tugas pekerjaan rumah.
Memberi salam.
Pertemuan 2
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi.
Menanyakan mufradat-mufradat sederhana yang telah dipelajari siswa pada pertemuan yang lalu yang berhubungan dengan تعارف (1) .
2. Kegiatan Inti
Menilai hasil hafalan mereka.
Menjelaskan perbedaan penggunaan kata tunjuk (هذا) dan (هذه).
Membuat susunan kalimat yang terdiri atas (هذا / هذه + علم ) .
Melakukan tanya jawab dengan pertanyaan (من هذا ؟ ) dan (من هذه ؟ ).
3. Kegiatan Akhir
Mengisi soal latihan yang ada dalam buku LKS
Pertemuan 3
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi
Bertanya kepada siswa/i tentang perbedaan penggunaan kata tunjuk (هذا) dan (هذه).
Menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan penggunaan kata tunjuk (هذا) dan (هذه).
2. Kagiatan Inti
Membaca pelajaran qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar.
Menjodohkan ungkapan-ungkapan pelajaran qira'ah dengan benar.
Menerjemahkan qira'ah تعارف (1) dengan baik dan benar.
3. Kegiatan Akhir
Menilai hasil pekerjaan siswa menerjemahkan qira'ah تعارف (1) .
Memberikan tugas pekerjaan rumah, mengisi soal latihan qira'ah tentang تعارف (1) .
Memberi salam.
Pertemuan 4
1. Kegiatan awal/pendahuluan
Apresepsi
Menilai hasil pekerjaan siswa
2. Kegiatan Inti
Menyalin bahan imla tentang تعارف (1) di buku tulis dengan tulisan yang baik dan benar.
Mencocokan tulisan siswa dengan tulisan guru yang ditulis di atas papan tulis.
Menilai hasil kerja siswa yang telah dicocokan.
Memperagakan cara penulisan huruf Arab yang benar.
Menyusun kata-kata yang disediakan menjadi kalimat yang benar.
3. Kegiatan Akhir
Membuat karangan sederhana tentang تعارف (1) .
VI. Penilaian : Teknis : Unjuk kerja (menghafal10 Mufradat baru tentang تعارف (1) )
: Tertulis
Bentuk Tes : Mengerjakan Soal-soal latihan dalam buku LKS bahasa Arab berupa PG, Isilah dan Jawablah.
Jakarta, .....................2009
Mengetahui
Kepala MI. As-Saudiyah Guru Bidang Studi
( HASANUDIN, S.Sos ) ( H. MOH. NASIR, S.Pd.I )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MI. As-Saudiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 8 x 35 Menit (4 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
1. Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الإشارة القريب
Kompetensi Dasar :
1.2. Menyimak, bercakap, membaca, dan menulis dalam Bahasa Arab tentang ادوات مدرسية dengan pola kalimat dasar yang meliputi: هذه / هذا + علم / إسم مفرد
Indikator : Kosa kata dan Percakapan (مفردات و حوار)
1. Melafalkan mufradat baru tentang ادوات مدرسية dengan makhraj dan panjang pendek yang benar;
2. Menyebutkan arti tiap mufradat baru;
3. Menunjuk tiap gambar alat sekolah yang disediakan dalam bahasa Arab dengan benar;
4. Melafalkan hiwar tentang ادوات مدرسية dengan makhraj serta intonasi yang benar;
5. Menggunakan tiap kalimat dan ungkapan pelajaran hiwar;
6. Memperagakan hiwar secara perpasangan dengan baik dan benar;
7. Membaca pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar.
: Susunan Kalimat (تركيب)
1. Menggunakan susunan kalimat yang terdiri atas (هذا / هذه + علم ) dengan benar;
2. Melakukan tanya jawab dengan pertanyaan (ما هذا ؟ ) dan (ما هذه ؟ ) dengan benar.
3. Membedakan penggunaan kata tanya (ما) dan (من) .
: Bacaan (قراءة)
1. Membaca pelajaran qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar;
2. Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kandungan bahan qira'ah.
: Tulisan (كتابة)
1. Menyalin bahan imla yang disediakan dengan tulisan yang benar;
2. Menyalin kalimat dengan memilih dhomir (kata ganti) mufrad yang tepat;
3. Memilih jawaban tersedia yang tepat, dengan tulisan yang benar;
4. Menjawab pertanyaan dengan jawaban serta tulisan yang benar.
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat
Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الإشارة القريب tentang ادوات مدرسية
II. Materi Pembelajaran : Kosa Kata, Percakapan, Susunan Kalimat, Bacaan Dan Tulisan.
III. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demontrasi, Tanya Jawab dan Penugasan.
IV. Sumber Pelajaran : Buku Paket Bahasa Arab Kelas IV Dr. D. Hidayat dan Buku LKS Kelas IV
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Memberi salam.
Membaca doa bersama-sama.
Mengabsen siswa dan mengkondisikannya.
Menjelaskan bahwa pada pertemuan tersebut akan belajar pelajaran pertama tentang ادوات مدرسية.
2. Kegiatan Inti
Melafalkan mufradat baru tentang ادوات مدرسية dengan makhraj dan panjang pendek yang benar.
Menyebutkan arti tiap mufradat baru.
Menunjukkan gambar alat sekolah yang disediakan dalam bahasa Arab dengan benar.
Melafalkan hiwar tentang ادوات مدرسية dengan makhraj serta intonasi yang benar.
Mendemontrasikan hiwar tentang ادوات مدرسية secara berpasangan dengan baik dan benar.
Kegiatan Akhir
Tanya jawab arti mufradat baru yang berkaitan dengan ادوات مدرسية .
Memberikan tugas pekerjaan rumah.
Memberi salam.
Pertemuan 2
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi.
Menanyakan mufradat-mufradat sederhana yang telah dipelajari siswa pada pertemuan yang lalu yang berhubungan dengan ادوات مدرسية .
2. Kegiatan Inti
Menilai hasil hafalan mereka.
Membuat susunan kalimat yang terdiri atas (هذا / هذه + علم ) .
Melakukan tanya jawab dengan pertanyaan (ما هذا ؟ ) dan (ما هذه ؟ ).
Menjelaskan perbedaan penggunaan kata tanya (ما) dan (من).
3. Kegiatan Akhir
Mengisi soal latihan yang ada dalam buku LKS
Pertemuan 3
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi
Bertanya kepada siswa/i tentang perbedaan penggunaan kata tunjuk ( ما هذا) dan ( ما هذه).
Menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan penggunaan kata tanya (ما) dan (من).
2. Kagiatan Inti
Membaca pelajaran qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar.
Menjodohkan ungkapan-ungkapan pelajaran qira'ah dengan benar.
Menerjemahkan qira'ah ادوات مدرسية dengan baik dan benar.
3. Kegiatan Akhir
Menilai hasil pekerjaan siswa menerjemahkan qira'ah ادوات مدرسية .
Memberikan tugas pekerjaan rumah, mengisi soal latihan qira'ah tentang ادوات مدرسية
Memberi salam.
Pertemuan 4
1. Kegiatan awal/pendahuluan
Apresepsi
Menilai hasil pekerjaan siswa
2. Kegiatan Inti
Menyalin bahan imla tentang ادوات مدرسية di buku tulis dengan tulisan yang baik dan benar.
Mencocokan tulisan siswa dengan tulisan guru yang ditulis di atas papan tulis.
Menilai hasil kerja siswa yang telah dicocokan.
Memperagakan cara penulisan huruf Arab yang benar.
Menyusun kata-kata yang disediakan menjadi kalimat yang benar.
3. Kegiatan Akhir
Membuat karangan sederhana tentang ادوات مدرسية
Memberikan tugas PR.
VI. Penilaian : Teknis : Unjuk kerja (menghafal10 Mufradat baru tentang ادوات مدرسية
: Tertulis
Bentuk Tes : Mengerjakan Soal-soal latihan dalam buku LKS bahasa Arab berupa PG, Isilah dan Jawablah.
Jakarta, .....................2009
Mengetahui
Kepala MI. As-Saudiyah Guru Bidang Studi
( HASANUDIN, S.Sos ) ( H. MOH. NASIR, S.Pd.I )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MI. As-Saudiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 8 x 35 Menit (4 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
2. Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الضمير
Kompetensi Dasar :
2.1. Bercakap tentang perkenalan تعارف (2) dengan struktur kalimat dasar yang meliputi ضمائر (أنا، أنت، هي) + إسم مفرد مؤنث/علم.
Indikator : Kosa kata dan Percakapan (مفردات و حوار)
1. Melafalkan mufradat baru tentang تعارف (2) dengan makhraj dan panjang pendek yang benar;
2. Menyebutkan arti tiap mufradat baru;
3. Melafalkan hiwar tentang تعارف (2) dengan makhraj serta intonasi yang benar;
4. Menggunakan tiap kalimat dan ungkapan pelajaran hiwar;
5. Memperagakan hiwar secara perpasangan dengan baik dan benar;
6. Membaca pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar.
: Susunan Kalimat (تركيب)
1. Menggunakan dengan tepat dhomir (أنا، أنت، هي) dalam struktur kalimat ضمير + إسم
2. Bertanya jawab dengan struktur kalimat dan pertanyaan من أنت/أنت/هي ؟
: Bacaan (قراءة)
1. Membaca pelajaran qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar;
2. Menjawab pertanyaan tentang kandungan materi qira'ah.
: Tulisan (كتابة)
1. Menyalin bahan imla yang disediakan dengan tulisan yang benar;
2. Menyusun kata-kata yang disediakan menjadi kalimat yang benar.
3. Menjodohkan pertanyaan dengan jawabannya yang tepat dengan tulisan yang benar.
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat
Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الضمير tentang تعارف (2)
II. Materi Pembelajaran : Kosa Kata, Percakapan, Susunan Kalimat, Bacaan Dan Tulisan.
III. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demontrasi, Tanya Jawab dan Penugasan.
IV. Sumber Pelajaran : Buku Paket Bahasa Arab Kelas IV Dr. D. Hidayat dan Buku LKS Kelas IV
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Memberi salam.
Membaca doa bersama-sama.
Mengabsen siswa dan mengkondisikannya.
Menjelaskan bahwa pada pertemuan tersebut akan belajar pelajaran pertama tentang perkenalan تعارف (2).
2. Kegiatan Inti
Melafalkan mufradat baru tentang تعارف (2) dengan makhraj dan panjang pendek yang benar.
Menyebutkan arti tiap mufradat baru.
Melafalkan hiwar tentang تعارف (2) dengan makhraj serta intonasi yang benar.
Mendemontrasikan hiwar tentang تعارف (2) secara berpasangan dengan baik dan benar.
3. Kegiatan Akhir
Tanya jawab arti mufradat baru yang berkaitan dengan تعارف (2).
Memberikan tugas pekerjaan rumah.
Memberi salam.
Pertemuan 2
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi.
Menanyakan mufradat-mufradat sederhana yang telah dipelajari siswa pada pertemuan yang lalu yang berhubungan dengan تعارف (2).
2. Kegiatan Inti
Menilai hasil hafalan mereka.
Menjelaskan penggunaan dhomir أنا، أنت، أنت، هي dalam struktur kalimat ضمير + إسم
Membuat susunan kalimat yang terdiri atas ضمير + إسم .
Melakukan tanya jawab dengan pertanyaan من أنت/أنت/هي ؟
3. Kegiatan Akhir
Mengisi soal latihan yang ada dalam buku LKS
Pertemuan 3
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi
Bertanya kepada siswa/i tentang perbedaan penggunaan dhomir أنا، أنت، أنت، هي
Menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan penggunaan dhomir أنا، أنت، أنت، هي.
2. Kagiatan Inti
Membaca pelajaran qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar.
Membaca pelajaran qira'ah sekelompok-sekelompok.
Menerjemahkan qira'ah تعارف (2) dengan baik dan benar.
3. Kegiatan Akhir
Menilai hasil pekerjaan siswa menerjemahkan qira'ah تعارف (2).
Memberikan tugas pekerjaan rumah, mengisi soal latihan qira'ah tentang تعارف (2).
Memberi salam.
Pertemuan 4
1. Kegiatan awal/pendahuluan
Apresepsi
Menilai hasil pekerjaan siswa
2. Kegiatan Inti
Menyalin bahan imla tentang تعارف (2) di buku tulis dengan tulisan yang baik dan benar.
Mencocokan tulisan siswa dengan tulisan guru yang ditulis di atas papan tulis.
Menilai hasil kerja siswa yang telah dicocokan.
Memperagakan cara penulisan huruf Arab yang benar.
Menyusun kata-kata yang disediakan menjadi kalimat yang benar.
Menjodohkan pertanyaan dengan jawabannya yang tepat dengan tulisan yang benar.
3. Kegiatan Akhir
Membuat karangan sederhana tentang تعارف (2).
VI. Penilaian : Teknis : Unjuk kerja (menghafal10 Mufradat baru tentang تعارف (2))
: Tertulis
Bentuk Tes : Mengerjakan Soal-soal latihan dalam buku LKS bahasa Arab berupa PG, Isilah dan Jawablah.
Jakarta, .....................2009
Mengetahui
Kepala MI. As-Saudiyah Guru Bidang Studi
( HASANUDIN, S.Sos ) ( H. MOH. NASIR, S.Pd.I )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MI. As-Saudiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 8 x 35 Menit (4 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
2. Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الضمير
Kompetensi Dasar :
2.1. Bercakap tentang perkenalan تعارف (3) dengan struktur kalimat dasar yang meliputi ضمائر (هو، أنت) + إسم مفرد مذكر/علم.
Indikator : Kosa kata dan Percakapan (مفردات و حوار)
1. Melafalkan mufradat baru tentang تعارف (3) dengan makhraj dan panjang pendek yang benar;
3. Menyebutkan arti tiap mufradat baru;
4. Menunjuk beberapa gambar mufradat baru dalam bahasa Arab.
5. Melafalkan hiwar tentang تعارف (3) dengan makhraj serta intonasi yang benar;
6. Menyebutkan arti setiap ungkapan/kalimat hiwar dengan benar;
7. Memperagakan hiwar secara perpasangan dengan baik dan benar;
8. Membaca pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar.
: Susunan Kalimat (تركيب)
1. Menggunakan dengan tepat dhomir (هو، أنت) dalam struktur kalimat ضمير + إسم
2. Bertanya jawab dengan struktur kalimat ضمير + إسم dan pertanyaan هل ؟ نعم / لا .
: Bacaan (قراءة)
1. Membaca pelajaran qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar;
2. Menjawab pertanyaan tentang kandungan materi qira'ah.
: Tulisan (كتابة)
1. Menyalin bahan imla yang disediakan dengan tulisan yang benar;
2. Menjawab pertanyaan dengan menggunakan gambar dengan tulisan yang benar;
3. Memilih dhomir mufrad yang tepat dengan tulisan yang benar;
4. Menjawab pertanyaan yang melilputi tarkib yang telah dipelajari dengan tulisan yang benar.
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat
Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الضمير tentang تعارف (3)
II. Materi Pembelajaran : Kosa Kata, Percakapan, Susunan Kalimat, Bacaan Dan Tulisan.
III. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demontrasi, Tanya Jawab dan Penugasan.
IV. Sumber Pelajaran : Buku Paket Bahasa Arab Kelas IV Dr. D. Hidayat dan Buku LKS Kelas IV
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Memberi salam.
Membaca doa bersama-sama.
Mengabsen siswa dan mengkondisikannya.
Menjelaskan bahwa pada pertemuan tersebut akan belajar pelajaran pertama tentang perkenalan تعارف (3).
2. Kegiatan Inti
Melafalkan mufradat baru tentang تعارف (3) dengan makhraj dan panjang pendek yang benar.
Menyebutkan arti tiap mufradat baru.
Melafalkan hiwar tentang تعارف (3) dengan makhraj serta intonasi yang benar.
Mendemontrasikan hiwar tentang تعارف (3) secara berpasangan dengan baik dan benar.
3. Kegiatan Akhir
Tanya jawab arti mufradat baru yang berkaitan dengan تعارف (3).
Memberikan tugas pekerjaan rumah.
Memberi salam.
Pertemuan 2
2. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi.
Menanyakan mufradat-mufradat sederhana yang telah dipelajari siswa pada pertemuan yang lalu yang berhubungan dengan تعارف (3).
2. Kegiatan Inti
Menilai hasil hafalan mereka.
Menjelaskan penggunaan dhomir هو، أنت dalam struktur kalimat ضمير + إسم
Membuat susunan kalimat yang terdiri atas ضمير + إسم .
Melakukan tanya jawab dengan pertanyaan هل ؟ نعم / لا .
3. Kegiatan Akhir
Mengisi soal latihan yang ada dalam buku LKS
Pertemuan 3
2. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi
Bertanya kepada siswa/i tentang perbedaan penggunaan dhomir هو، أنت
Menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan penggunaan dhomir هو، أنت
2. Kagiatan Inti
Membaca pelajaran qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar.
Membaca pelajaran qira'ah sekelompok-sekelompok.
Menerjemahkan qira'ah تعارف (3) dengan baik dan benar.
3. Kegiatan Akhir
Menilai hasil pekerjaan siswa menerjemahkan qira'ah تعارف (3).
Memberikan tugas pekerjaan rumah, mengisi soal latihan qira'ah tentang تعارف (3).
Memberi salam.
Pertemuan 4
1. Kegiatan awal/pendahuluan
Apresepsi
Menilai hasil pekerjaan siswa
2. Kegiatan Inti
Menyalin bahan imla tentang تعارف (3) di buku tulis dengan tulisan yang baik dan benar.
Mencocokan tulisan siswa dengan tulisan guru yang ditulis di atas papan tulis.
Menilai hasil kerja siswa yang telah dicocokan.
Memperagakan cara penulisan huruf Arab yang benar.
Menjawab pertanyaan dengan menggunakan gambar dengan tulisan yang benar.
Menjawab pertanyaan yang meliputi tarkib yang telah dipelajari dengan tulisan yang benar.
3. Kegiatan Akhir
Membuat karangan sederhana tentang تعارف (3).
VI. Penilaian : Teknis : Unjuk kerja (menghafal10 Mufradat baru tentang تعارف (3)))
: Tertulis
Bentuk Tes : Mengerjakan Soal-soal latihan dalam buku LKS bahasa Arab berupa PG, Isilah dan Jawablah.
Jakarta, .....................2009
Mengetahui
Kepala MI. As-Saudiyah Guru Bidang Studi
( HASANUDIN, S.Sos ) ( H. MOH. NASIR, S.Pd.I )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MI. As-Saudiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 8 x 35 Menit (4 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
3. Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الإشارة البعيد yang terdapat di dalam teks interaksional dan naratif yang disertai gambar.
Kompetensi Dasar :
3.1. Menyimak, bercakap, membaca, dan menulis tentang بعض الأشياء فى المدرسة dengan struktur kalimat dasar yang meliputi ذلك / تلك + إسم مفرد مذكر + مؤنث
Indikator : Kosa kata dan Percakapan (مفردات و حوار)
1. Melafalkan mufradat baru tentang بعض الأشياء فى المدرسة dengan makhraj dan panjang pendek yang benar;
2. Menyebutkan arti tiap mufradat baru;
3. Menunjuk tiap gambar alat sekolah yang disediakan dalam bahasa Arab dengan benar.
4. Melafalkan hiwar tentang بعض الأشياء فى المدرسة dengan makhraj serta intonasi yang benar;
5. Menyebutkan arti setiap ungkapan/kalimat hiwar dengan benar;
6. Memperagakan hiwar secara perpasangan dengan baik dan benar;
7. Membaca pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar.
: Susunan Kalimat (تركيب)
1. Membedakan penggunaan ذلك، تلك dalam kalimat;
2. Menggunakan susunan kalimat yang terdiri atas ذلك، تلك + إسم dengan benar;
3. Bertanya jawab tentang gambar أدوات مدرسية dengan menggunakan ذلك، تلك.
: Bacaan (قراءة)
1. Membaca bahan qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar;
2. Membaca bahan qira'ah sambil menunjuk sampel atau gambar أدوات مدرسية yang terdapat dalam materi qira'ah.
: Tulisan (كتابة)
1. Menyalin bahan imla yang disediakan dengan tulisan yang benar;
2. Menjawab pertanyaan dengan memilih jawaban yang tepat dengan tulisan yang benar;
3. Menyusun kata-kata menjadi kalimat lengkap, dengan tulisan yang benar;
4. Menjawab pertanyaan sesuai gambar alat-alat sekolah yang disediakan dengan tulisan yang benar.
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat
Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الإشارة البعيد tentang بعض الأشياء فى المدرسة
II. Materi Pembelajaran : Kosa Kata, Percakapan, Susunan Kalimat, Bacaan Dan Tulisan.
III. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demontrasi, Tanya Jawab dan Penugasan.
IV. Sumber Pelajaran : Buku Paket Bahasa Arab Kelas IV Dr. D. Hidayat dan Buku LKS Kelas IV
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Memberi salam.
Membaca doa bersama-sama.
Mengabsen siswa dan mengkondisikannya.
Menjelaskan bahwa pada pertemuan tersebut akan belajar pelajaran pertama tentang بعض الأشياء فى المدرسة .
2. Kegiatan Inti
Melafalkan mufradat baru tentang بعض الأشياء فى المدرسة dengan makhraj dan panjang pendek yang benar.
Menyebutkan arti tiap mufradat baru.
Melafalkan hiwar tentang بعض الأشياء فى المدرسة dengan makhraj serta intonasi yang benar.
Mendemontrasikan hiwar tentang بعض الأشياء فى المدرسة secara berpasangan dengan baik dan benar.
3. Kegiatan Akhir
Tanya jawab arti mufradat baru yang berkaitan dengan بعض الأشياء فى المدرسة
Memberikan tugas pekerjaan rumah.
Memberi salam.
Pertemuan 2
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi.
Menanyakan mufradat-mufradat sederhana yang telah dipelajari siswa pada pertemuan yang lalu yang berhubungan dengan بعض الأشياء فى المدرسة
2. Kegiatan Inti
Menilai hasil hafalan mereka.
Menjelaskan penggunaan ذلك، تلك dalam struktur kalimat.
Membuat susunan kalimat yang terdiri atas ذلك، تلك + إسم .
Melakukan tanya jawab tentang gambar أدوات مدرسية dengan menggunakan ذلك، تلك .
3. Kegiatan Akhir
Mengisi soal latihan yang ada dalam buku LKS
Pertemuan 3
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi
Bertanya kepada siswa/i tentang perbedaan penggunaan ذلك، تلك
Menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan penggunaan ذلك، تلك
2. Kagiatan Inti
Membaca pelajaran qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar.
Membaca pelajaran qira'ah sambil menunjuk sampel atau gambar أدوات مدرسية yang terdapat dalam materi qira'ah.
Menerjemahkan qira'ahأدوات مدرسية dengan baik dan benar.
3. Kegiatan Akhir
Menilai hasil pekerjaan siswa menerjemahkan qira'ah أدوات مدرسية.
Memberikan tugas pekerjaan rumah, mengisi soal latihan qira'ah tentang أدوات مدرسية.
Memberi salam.
Pertemuan 4
1. Kegiatan awal/pendahuluan
Apresepsi
Menilai hasil pekerjaan siswa
2. Kegiatan Inti
Menyalin bahan imla tentang أدوات مدرسية di buku tulis dengan tulisan yang baik dan benar.
Mencocokan tulisan siswa dengan tulisan guru yang ditulis di atas papan tulis.
Menilai hasil kerja siswa yang telah dicocokan.
Memperagakan cara penulisan huruf Arab yang benar.
Menjawab pertanyaan dengan memilih jawaban yang tepat dengan tulisan yang benar.
Menyusun kata-kata menjadi kalimat lengkap dengan tulisan yang benar.
Menjawab pertanyaan sesuai dengan gambar alat-alat sekolah yang disediakan dengan tulisan yang benar.
3. Kegiatan Akhir
Membuat karangan sederhana tentang بعض الأشياء فى المدرسة
VI. Penilaian : Teknis : Unjuk kerja (menghafal10 Mufradat baru tentang بعض الأشياء فى المدرسة))
: Tertulis
Bentuk Tes : Mengerjakan Soal-soal latihan dalam buku LKS bahasa Arab berupa PG, Isilah dan Jawablah.
Jakarta, .....................2009
Mengetahui
Kepala MI. As-Saudiyah Guru Bidang Studi
( HASANUDIN, S.Sos ) ( H. MOH. NASIR, S.Pd.I )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MI. As-Saudiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 8 x 35 Menit (4 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
3. Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الإشارة البعيد yang terdapat di dalam teks interaksional dan naratif yang disertai gambar.
Kompetensi Dasar :
3.2. Menyimak, bercakap, membaca, dan menulis tentang المهنة dengan struktur kalimat dasar yang meliputi إشارة / ضمير + إسم
Indikator : Kosa kata dan Percakapan (مفردات و حوار)
1. Melafalkan mufradat baru tentang المهنة dengan makhraj dan panjang pendek yang benar;
2. Menyebutkan arti tiap mufradat baru;
3. Menunjuk tiap gambar المهنة yang disediakan dalam bahasa Arab dengan benar.
4. Melafalkan hiwar tentang المهنة dengan makhraj serta intonasi yang benar;
5. Menyebutkan arti setiap ungkapan/kalimat hiwar dengan benar;
6. Memperagakan hiwar secara perpasangan dengan baik dan benar;
7. Membaca pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar.
: Susunan Kalimat (تركيب)
1. Membedakan penggunaan ذلك، تلك dan semua ضمير مفرد dalam kalimat;
2. Bertanya jawab tentang المهنة dengan struktur kalimat إشارة / ضمير + إسم
: Bacaan (قراءة)
1. Membaca bahan qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar;
2. Menjawab pertanyaan tentang kandungan qira'ah dengan benar.
: Tulisan (كتابة)
1. Menyalin bahan imla yang disediakan dengan tulisan yang benar;
2. Menyusun kata-kata menjadi kalimat lengkap, dengan tulisan yang benar;
3. Menjawab pertanyaan sesuai gambar المهنة yang disediakan dengan tulisan yang benar.
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat
Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الإشارة البعيد tentang المهنة
II. Materi Pembelajaran : Kosa Kata, Percakapan, Susunan Kalimat, Bacaan Dan Tulisan.
III. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demontrasi, Tanya Jawab dan Penugasan.
IV. Sumber Pelajaran : Buku Paket Bahasa Arab Kelas IV Dr. D. Hidayat dan Buku LKS Kelas IV
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Memberi salam.
Membaca doa bersama-sama.
Mengabsen siswa dan mengkondisikannya.
Menjelaskan bahwa pada pertemuan tersebut akan belajar pelajaran pertama tentang المهنة.
2. Kegiatan Inti
Melafalkan mufradat baru tentang المهنة dengan makhraj dan panjang pendek yang benar.
Menyebutkan arti tiap mufradat baru.
Melafalkan hiwar tentang المهنة dengan makhraj serta intonasi yang benar.
Mendemontrasikan hiwar tentang المهنة secara berpasangan dengan baik dan benar.
3. Kegiatan Akhir
Tanya jawab arti mufradat baru yang berkaitan dengan المهنة .
Memberikan tugas pekerjaan rumah.
Memberi salam.
Pertemuan 2
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi.
Menanyakan mufradat-mufradat sederhana yang telah dipelajari siswa pada pertemuan yang lalu yang berhubungan dengan المهنة
2. Kegiatan Inti
Menilai hasil hafalan mereka.
Menjelaskan penggunaan ذلك، تلك dalam struktur kalimat.
Membuat susunan kalimat yang terdiri atas إشارة / ضمير + إسم .
Melakukan tanya jawab dengan struktur kalimat إشارة / ضمير + إسم dengan benar.
3. Kegiatan Akhir
Mengisi soal latihan yang ada dalam buku LKS
Pertemuan 3
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi
Bertanya kepada siswa/i tentang perbedaan penggunaan ذلك، تلك
Menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan penggunaan ذلك، تلك
2. Kagiatan Inti
Membaca pelajaran qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar.
Membaca pelajaran qira'ah sambil menunjuk sampel atau gambar المهنة yang terdapat dalam materi qira'ah.
Menerjemahkan qira'ah المهنة dengan baik dan benar.
3. Kegiatan Akhir
Menilai hasil pekerjaan siswa menerjemahkan qira'ah المهنة.
Memberikan tugas pekerjaan rumah, mengisi soal latihan qira'ah tentang المهنة.
Memberi salam.
Pertemuan 4
1. Kegiatan awal/pendahuluan
Apresepsi
Menilai hasil pekerjaan siswa
2. Kegiatan Inti
Menyalin bahan imla tentang المهنة di buku tulis dengan tulisan yang baik dan benar.
Mencocokan tulisan siswa dengan tulisan guru yang ditulis di atas papan tulis.
Menilai hasil kerja siswa yang telah dicocokan.
Memperagakan cara penulisan huruf Arab yang benar.
Menyusun kata-kata menjadi kalimat lengkap dengan tulisan yang benar.
Menjawab pertanyaan sesuai dengan gambar المهنة yang disediakan dengan tulisan yang benar.
3. Kegiatan Akhir
Membuat karangan sederhana tentang المهنة
VI. Penilaian : Teknis : Unjuk kerja (menghafal10 Mufradat baru tentang المهنة))
: Tertulis
Bentuk Tes : Mengerjakan Soal-soal latihan dalam buku LKS bahasa Arab berupa PG, Isilah dan Jawablah.
Jakarta, .....................2009
Mengetahui
Kepala MI. As-Saudiyah Guru Bidang Studi
( HASANUDIN, S.Sos ) ( H. MOH. NASIR, S.Pd.I )
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 8 x 35 Menit (4 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
1. Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الإشارة القريب
Kompetensi Dasar :
1.1. Bercakap tentang perkenalan تعارف (1) dengan struktur kalimat dasar yang meliputi هذا + إسم مفرد/علم.
Indikator : Kosa kata dan Percakapan (مفردات و حوار)
1. Melafalkan mufradat baru tentang تعارف (1) dengan makhraj dan panjang pendek yang benar;
2. Menyebutkan arti tiap mufradat baru;
3. Melafalkan hiwar tentang تعارف (1) dengan makhraj serta intonasi yang benar;
4. Menggunakan tiap kalimat dan ungkapan pelajaran hiwar;
5. Memperagakan hiwar secara perpasangan dengan baik dan benar;
6. Membaca pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar.
: Susunan Kalimat (تركيب)
1. Membedakan penggunakan kata tunjuk (هذا) dan (هذه) ;
2. Menggunakan susunan kalimat yang terdiri atas (هذا / هذه + علم ) dengan benar;
3. Melakukan tanya jawab dengan pertanyaan (من هذا ؟ ) dan (من هذه ؟ ) dengan benar.
: Bacaan (قراءة)
1. Membaca pelajaran qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar;
2. Menjodohkan ungkapan-ungkapan pelajaran qira'ah dengan benar.
: Tulisan (كتابة)
1. Menyalin bahan imla yang disediakan dengan tulisan yang benar;
2. Menyusun kata-kata yang disediakan menjadi kalimat yang benar.
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat
Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الإشارة القريب tentang تعارف (1)
II. Materi Pembelajaran : Kosa Kata, Percakapan, Susunan Kalimat, Bacaan Dan Tulisan.
III. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demontrasi, Tanya Jawab dan Penugasan.
IV. Sumber Pelajaran : Buku Paket Bahasa Arab Kelas IV Dr. D. Hidayat dan Buku LKS Kelas IV
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Memberi salam.
Membaca doa bersama-sama.
Mengabsen siswa dan mengkondisikannya.
Menjelaskan bahwa pada pertemuan tersebut akan belajar pelajaran pertama tentang perkenalan تعارف (1) .
2. Kegiatan Inti
Melafalkan mufradat baru tentang تعارف (1) dengan makhraj dan panjang pendek yang benar.
Menyebutkan arti tiap mufradat baru.
Melafalkan hiwar tentang تعارف (1) dengan makhraj serta intonasi yang benar.
Mendemontrasikan hiwar tentang تعارف (1) secara berpasangan dengan baik dan benar.
3. Kegiatan Akhir
Tanya jawab arti mufradat baru yang berkaitan dengan تعارف (1) .
Memberikan tugas pekerjaan rumah.
Memberi salam.
Pertemuan 2
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi.
Menanyakan mufradat-mufradat sederhana yang telah dipelajari siswa pada pertemuan yang lalu yang berhubungan dengan تعارف (1) .
2. Kegiatan Inti
Menilai hasil hafalan mereka.
Menjelaskan perbedaan penggunaan kata tunjuk (هذا) dan (هذه).
Membuat susunan kalimat yang terdiri atas (هذا / هذه + علم ) .
Melakukan tanya jawab dengan pertanyaan (من هذا ؟ ) dan (من هذه ؟ ).
3. Kegiatan Akhir
Mengisi soal latihan yang ada dalam buku LKS
Pertemuan 3
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi
Bertanya kepada siswa/i tentang perbedaan penggunaan kata tunjuk (هذا) dan (هذه).
Menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan penggunaan kata tunjuk (هذا) dan (هذه).
2. Kagiatan Inti
Membaca pelajaran qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar.
Menjodohkan ungkapan-ungkapan pelajaran qira'ah dengan benar.
Menerjemahkan qira'ah تعارف (1) dengan baik dan benar.
3. Kegiatan Akhir
Menilai hasil pekerjaan siswa menerjemahkan qira'ah تعارف (1) .
Memberikan tugas pekerjaan rumah, mengisi soal latihan qira'ah tentang تعارف (1) .
Memberi salam.
Pertemuan 4
1. Kegiatan awal/pendahuluan
Apresepsi
Menilai hasil pekerjaan siswa
2. Kegiatan Inti
Menyalin bahan imla tentang تعارف (1) di buku tulis dengan tulisan yang baik dan benar.
Mencocokan tulisan siswa dengan tulisan guru yang ditulis di atas papan tulis.
Menilai hasil kerja siswa yang telah dicocokan.
Memperagakan cara penulisan huruf Arab yang benar.
Menyusun kata-kata yang disediakan menjadi kalimat yang benar.
3. Kegiatan Akhir
Membuat karangan sederhana tentang تعارف (1) .
VI. Penilaian : Teknis : Unjuk kerja (menghafal10 Mufradat baru tentang تعارف (1) )
: Tertulis
Bentuk Tes : Mengerjakan Soal-soal latihan dalam buku LKS bahasa Arab berupa PG, Isilah dan Jawablah.
Jakarta, .....................2009
Mengetahui
Kepala MI. As-Saudiyah Guru Bidang Studi
( HASANUDIN, S.Sos ) ( H. MOH. NASIR, S.Pd.I )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MI. As-Saudiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 8 x 35 Menit (4 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
1. Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الإشارة القريب
Kompetensi Dasar :
1.2. Menyimak, bercakap, membaca, dan menulis dalam Bahasa Arab tentang ادوات مدرسية dengan pola kalimat dasar yang meliputi: هذه / هذا + علم / إسم مفرد
Indikator : Kosa kata dan Percakapan (مفردات و حوار)
1. Melafalkan mufradat baru tentang ادوات مدرسية dengan makhraj dan panjang pendek yang benar;
2. Menyebutkan arti tiap mufradat baru;
3. Menunjuk tiap gambar alat sekolah yang disediakan dalam bahasa Arab dengan benar;
4. Melafalkan hiwar tentang ادوات مدرسية dengan makhraj serta intonasi yang benar;
5. Menggunakan tiap kalimat dan ungkapan pelajaran hiwar;
6. Memperagakan hiwar secara perpasangan dengan baik dan benar;
7. Membaca pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar.
: Susunan Kalimat (تركيب)
1. Menggunakan susunan kalimat yang terdiri atas (هذا / هذه + علم ) dengan benar;
2. Melakukan tanya jawab dengan pertanyaan (ما هذا ؟ ) dan (ما هذه ؟ ) dengan benar.
3. Membedakan penggunaan kata tanya (ما) dan (من) .
: Bacaan (قراءة)
1. Membaca pelajaran qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar;
2. Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kandungan bahan qira'ah.
: Tulisan (كتابة)
1. Menyalin bahan imla yang disediakan dengan tulisan yang benar;
2. Menyalin kalimat dengan memilih dhomir (kata ganti) mufrad yang tepat;
3. Memilih jawaban tersedia yang tepat, dengan tulisan yang benar;
4. Menjawab pertanyaan dengan jawaban serta tulisan yang benar.
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat
Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الإشارة القريب tentang ادوات مدرسية
II. Materi Pembelajaran : Kosa Kata, Percakapan, Susunan Kalimat, Bacaan Dan Tulisan.
III. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demontrasi, Tanya Jawab dan Penugasan.
IV. Sumber Pelajaran : Buku Paket Bahasa Arab Kelas IV Dr. D. Hidayat dan Buku LKS Kelas IV
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Memberi salam.
Membaca doa bersama-sama.
Mengabsen siswa dan mengkondisikannya.
Menjelaskan bahwa pada pertemuan tersebut akan belajar pelajaran pertama tentang ادوات مدرسية.
2. Kegiatan Inti
Melafalkan mufradat baru tentang ادوات مدرسية dengan makhraj dan panjang pendek yang benar.
Menyebutkan arti tiap mufradat baru.
Menunjukkan gambar alat sekolah yang disediakan dalam bahasa Arab dengan benar.
Melafalkan hiwar tentang ادوات مدرسية dengan makhraj serta intonasi yang benar.
Mendemontrasikan hiwar tentang ادوات مدرسية secara berpasangan dengan baik dan benar.
Kegiatan Akhir
Tanya jawab arti mufradat baru yang berkaitan dengan ادوات مدرسية .
Memberikan tugas pekerjaan rumah.
Memberi salam.
Pertemuan 2
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi.
Menanyakan mufradat-mufradat sederhana yang telah dipelajari siswa pada pertemuan yang lalu yang berhubungan dengan ادوات مدرسية .
2. Kegiatan Inti
Menilai hasil hafalan mereka.
Membuat susunan kalimat yang terdiri atas (هذا / هذه + علم ) .
Melakukan tanya jawab dengan pertanyaan (ما هذا ؟ ) dan (ما هذه ؟ ).
Menjelaskan perbedaan penggunaan kata tanya (ما) dan (من).
3. Kegiatan Akhir
Mengisi soal latihan yang ada dalam buku LKS
Pertemuan 3
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi
Bertanya kepada siswa/i tentang perbedaan penggunaan kata tunjuk ( ما هذا) dan ( ما هذه).
Menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan penggunaan kata tanya (ما) dan (من).
2. Kagiatan Inti
Membaca pelajaran qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar.
Menjodohkan ungkapan-ungkapan pelajaran qira'ah dengan benar.
Menerjemahkan qira'ah ادوات مدرسية dengan baik dan benar.
3. Kegiatan Akhir
Menilai hasil pekerjaan siswa menerjemahkan qira'ah ادوات مدرسية .
Memberikan tugas pekerjaan rumah, mengisi soal latihan qira'ah tentang ادوات مدرسية
Memberi salam.
Pertemuan 4
1. Kegiatan awal/pendahuluan
Apresepsi
Menilai hasil pekerjaan siswa
2. Kegiatan Inti
Menyalin bahan imla tentang ادوات مدرسية di buku tulis dengan tulisan yang baik dan benar.
Mencocokan tulisan siswa dengan tulisan guru yang ditulis di atas papan tulis.
Menilai hasil kerja siswa yang telah dicocokan.
Memperagakan cara penulisan huruf Arab yang benar.
Menyusun kata-kata yang disediakan menjadi kalimat yang benar.
3. Kegiatan Akhir
Membuat karangan sederhana tentang ادوات مدرسية
Memberikan tugas PR.
VI. Penilaian : Teknis : Unjuk kerja (menghafal10 Mufradat baru tentang ادوات مدرسية
: Tertulis
Bentuk Tes : Mengerjakan Soal-soal latihan dalam buku LKS bahasa Arab berupa PG, Isilah dan Jawablah.
Jakarta, .....................2009
Mengetahui
Kepala MI. As-Saudiyah Guru Bidang Studi
( HASANUDIN, S.Sos ) ( H. MOH. NASIR, S.Pd.I )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MI. As-Saudiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 8 x 35 Menit (4 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
2. Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الضمير
Kompetensi Dasar :
2.1. Bercakap tentang perkenalan تعارف (2) dengan struktur kalimat dasar yang meliputi ضمائر (أنا، أنت، هي) + إسم مفرد مؤنث/علم.
Indikator : Kosa kata dan Percakapan (مفردات و حوار)
1. Melafalkan mufradat baru tentang تعارف (2) dengan makhraj dan panjang pendek yang benar;
2. Menyebutkan arti tiap mufradat baru;
3. Melafalkan hiwar tentang تعارف (2) dengan makhraj serta intonasi yang benar;
4. Menggunakan tiap kalimat dan ungkapan pelajaran hiwar;
5. Memperagakan hiwar secara perpasangan dengan baik dan benar;
6. Membaca pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar.
: Susunan Kalimat (تركيب)
1. Menggunakan dengan tepat dhomir (أنا، أنت، هي) dalam struktur kalimat ضمير + إسم
2. Bertanya jawab dengan struktur kalimat dan pertanyaan من أنت/أنت/هي ؟
: Bacaan (قراءة)
1. Membaca pelajaran qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar;
2. Menjawab pertanyaan tentang kandungan materi qira'ah.
: Tulisan (كتابة)
1. Menyalin bahan imla yang disediakan dengan tulisan yang benar;
2. Menyusun kata-kata yang disediakan menjadi kalimat yang benar.
3. Menjodohkan pertanyaan dengan jawabannya yang tepat dengan tulisan yang benar.
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat
Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الضمير tentang تعارف (2)
II. Materi Pembelajaran : Kosa Kata, Percakapan, Susunan Kalimat, Bacaan Dan Tulisan.
III. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demontrasi, Tanya Jawab dan Penugasan.
IV. Sumber Pelajaran : Buku Paket Bahasa Arab Kelas IV Dr. D. Hidayat dan Buku LKS Kelas IV
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Memberi salam.
Membaca doa bersama-sama.
Mengabsen siswa dan mengkondisikannya.
Menjelaskan bahwa pada pertemuan tersebut akan belajar pelajaran pertama tentang perkenalan تعارف (2).
2. Kegiatan Inti
Melafalkan mufradat baru tentang تعارف (2) dengan makhraj dan panjang pendek yang benar.
Menyebutkan arti tiap mufradat baru.
Melafalkan hiwar tentang تعارف (2) dengan makhraj serta intonasi yang benar.
Mendemontrasikan hiwar tentang تعارف (2) secara berpasangan dengan baik dan benar.
3. Kegiatan Akhir
Tanya jawab arti mufradat baru yang berkaitan dengan تعارف (2).
Memberikan tugas pekerjaan rumah.
Memberi salam.
Pertemuan 2
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi.
Menanyakan mufradat-mufradat sederhana yang telah dipelajari siswa pada pertemuan yang lalu yang berhubungan dengan تعارف (2).
2. Kegiatan Inti
Menilai hasil hafalan mereka.
Menjelaskan penggunaan dhomir أنا، أنت، أنت، هي dalam struktur kalimat ضمير + إسم
Membuat susunan kalimat yang terdiri atas ضمير + إسم .
Melakukan tanya jawab dengan pertanyaan من أنت/أنت/هي ؟
3. Kegiatan Akhir
Mengisi soal latihan yang ada dalam buku LKS
Pertemuan 3
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi
Bertanya kepada siswa/i tentang perbedaan penggunaan dhomir أنا، أنت، أنت، هي
Menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan penggunaan dhomir أنا، أنت، أنت، هي.
2. Kagiatan Inti
Membaca pelajaran qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar.
Membaca pelajaran qira'ah sekelompok-sekelompok.
Menerjemahkan qira'ah تعارف (2) dengan baik dan benar.
3. Kegiatan Akhir
Menilai hasil pekerjaan siswa menerjemahkan qira'ah تعارف (2).
Memberikan tugas pekerjaan rumah, mengisi soal latihan qira'ah tentang تعارف (2).
Memberi salam.
Pertemuan 4
1. Kegiatan awal/pendahuluan
Apresepsi
Menilai hasil pekerjaan siswa
2. Kegiatan Inti
Menyalin bahan imla tentang تعارف (2) di buku tulis dengan tulisan yang baik dan benar.
Mencocokan tulisan siswa dengan tulisan guru yang ditulis di atas papan tulis.
Menilai hasil kerja siswa yang telah dicocokan.
Memperagakan cara penulisan huruf Arab yang benar.
Menyusun kata-kata yang disediakan menjadi kalimat yang benar.
Menjodohkan pertanyaan dengan jawabannya yang tepat dengan tulisan yang benar.
3. Kegiatan Akhir
Membuat karangan sederhana tentang تعارف (2).
VI. Penilaian : Teknis : Unjuk kerja (menghafal10 Mufradat baru tentang تعارف (2))
: Tertulis
Bentuk Tes : Mengerjakan Soal-soal latihan dalam buku LKS bahasa Arab berupa PG, Isilah dan Jawablah.
Jakarta, .....................2009
Mengetahui
Kepala MI. As-Saudiyah Guru Bidang Studi
( HASANUDIN, S.Sos ) ( H. MOH. NASIR, S.Pd.I )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MI. As-Saudiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 8 x 35 Menit (4 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
2. Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الضمير
Kompetensi Dasar :
2.1. Bercakap tentang perkenalan تعارف (3) dengan struktur kalimat dasar yang meliputi ضمائر (هو، أنت) + إسم مفرد مذكر/علم.
Indikator : Kosa kata dan Percakapan (مفردات و حوار)
1. Melafalkan mufradat baru tentang تعارف (3) dengan makhraj dan panjang pendek yang benar;
3. Menyebutkan arti tiap mufradat baru;
4. Menunjuk beberapa gambar mufradat baru dalam bahasa Arab.
5. Melafalkan hiwar tentang تعارف (3) dengan makhraj serta intonasi yang benar;
6. Menyebutkan arti setiap ungkapan/kalimat hiwar dengan benar;
7. Memperagakan hiwar secara perpasangan dengan baik dan benar;
8. Membaca pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar.
: Susunan Kalimat (تركيب)
1. Menggunakan dengan tepat dhomir (هو، أنت) dalam struktur kalimat ضمير + إسم
2. Bertanya jawab dengan struktur kalimat ضمير + إسم dan pertanyaan هل ؟ نعم / لا .
: Bacaan (قراءة)
1. Membaca pelajaran qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar;
2. Menjawab pertanyaan tentang kandungan materi qira'ah.
: Tulisan (كتابة)
1. Menyalin bahan imla yang disediakan dengan tulisan yang benar;
2. Menjawab pertanyaan dengan menggunakan gambar dengan tulisan yang benar;
3. Memilih dhomir mufrad yang tepat dengan tulisan yang benar;
4. Menjawab pertanyaan yang melilputi tarkib yang telah dipelajari dengan tulisan yang benar.
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat
Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الضمير tentang تعارف (3)
II. Materi Pembelajaran : Kosa Kata, Percakapan, Susunan Kalimat, Bacaan Dan Tulisan.
III. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demontrasi, Tanya Jawab dan Penugasan.
IV. Sumber Pelajaran : Buku Paket Bahasa Arab Kelas IV Dr. D. Hidayat dan Buku LKS Kelas IV
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Memberi salam.
Membaca doa bersama-sama.
Mengabsen siswa dan mengkondisikannya.
Menjelaskan bahwa pada pertemuan tersebut akan belajar pelajaran pertama tentang perkenalan تعارف (3).
2. Kegiatan Inti
Melafalkan mufradat baru tentang تعارف (3) dengan makhraj dan panjang pendek yang benar.
Menyebutkan arti tiap mufradat baru.
Melafalkan hiwar tentang تعارف (3) dengan makhraj serta intonasi yang benar.
Mendemontrasikan hiwar tentang تعارف (3) secara berpasangan dengan baik dan benar.
3. Kegiatan Akhir
Tanya jawab arti mufradat baru yang berkaitan dengan تعارف (3).
Memberikan tugas pekerjaan rumah.
Memberi salam.
Pertemuan 2
2. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi.
Menanyakan mufradat-mufradat sederhana yang telah dipelajari siswa pada pertemuan yang lalu yang berhubungan dengan تعارف (3).
2. Kegiatan Inti
Menilai hasil hafalan mereka.
Menjelaskan penggunaan dhomir هو، أنت dalam struktur kalimat ضمير + إسم
Membuat susunan kalimat yang terdiri atas ضمير + إسم .
Melakukan tanya jawab dengan pertanyaan هل ؟ نعم / لا .
3. Kegiatan Akhir
Mengisi soal latihan yang ada dalam buku LKS
Pertemuan 3
2. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi
Bertanya kepada siswa/i tentang perbedaan penggunaan dhomir هو، أنت
Menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan penggunaan dhomir هو، أنت
2. Kagiatan Inti
Membaca pelajaran qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar.
Membaca pelajaran qira'ah sekelompok-sekelompok.
Menerjemahkan qira'ah تعارف (3) dengan baik dan benar.
3. Kegiatan Akhir
Menilai hasil pekerjaan siswa menerjemahkan qira'ah تعارف (3).
Memberikan tugas pekerjaan rumah, mengisi soal latihan qira'ah tentang تعارف (3).
Memberi salam.
Pertemuan 4
1. Kegiatan awal/pendahuluan
Apresepsi
Menilai hasil pekerjaan siswa
2. Kegiatan Inti
Menyalin bahan imla tentang تعارف (3) di buku tulis dengan tulisan yang baik dan benar.
Mencocokan tulisan siswa dengan tulisan guru yang ditulis di atas papan tulis.
Menilai hasil kerja siswa yang telah dicocokan.
Memperagakan cara penulisan huruf Arab yang benar.
Menjawab pertanyaan dengan menggunakan gambar dengan tulisan yang benar.
Menjawab pertanyaan yang meliputi tarkib yang telah dipelajari dengan tulisan yang benar.
3. Kegiatan Akhir
Membuat karangan sederhana tentang تعارف (3).
VI. Penilaian : Teknis : Unjuk kerja (menghafal10 Mufradat baru tentang تعارف (3)))
: Tertulis
Bentuk Tes : Mengerjakan Soal-soal latihan dalam buku LKS bahasa Arab berupa PG, Isilah dan Jawablah.
Jakarta, .....................2009
Mengetahui
Kepala MI. As-Saudiyah Guru Bidang Studi
( HASANUDIN, S.Sos ) ( H. MOH. NASIR, S.Pd.I )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MI. As-Saudiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 8 x 35 Menit (4 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
3. Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الإشارة البعيد yang terdapat di dalam teks interaksional dan naratif yang disertai gambar.
Kompetensi Dasar :
3.1. Menyimak, bercakap, membaca, dan menulis tentang بعض الأشياء فى المدرسة dengan struktur kalimat dasar yang meliputi ذلك / تلك + إسم مفرد مذكر + مؤنث
Indikator : Kosa kata dan Percakapan (مفردات و حوار)
1. Melafalkan mufradat baru tentang بعض الأشياء فى المدرسة dengan makhraj dan panjang pendek yang benar;
2. Menyebutkan arti tiap mufradat baru;
3. Menunjuk tiap gambar alat sekolah yang disediakan dalam bahasa Arab dengan benar.
4. Melafalkan hiwar tentang بعض الأشياء فى المدرسة dengan makhraj serta intonasi yang benar;
5. Menyebutkan arti setiap ungkapan/kalimat hiwar dengan benar;
6. Memperagakan hiwar secara perpasangan dengan baik dan benar;
7. Membaca pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar.
: Susunan Kalimat (تركيب)
1. Membedakan penggunaan ذلك، تلك dalam kalimat;
2. Menggunakan susunan kalimat yang terdiri atas ذلك، تلك + إسم dengan benar;
3. Bertanya jawab tentang gambar أدوات مدرسية dengan menggunakan ذلك، تلك.
: Bacaan (قراءة)
1. Membaca bahan qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar;
2. Membaca bahan qira'ah sambil menunjuk sampel atau gambar أدوات مدرسية yang terdapat dalam materi qira'ah.
: Tulisan (كتابة)
1. Menyalin bahan imla yang disediakan dengan tulisan yang benar;
2. Menjawab pertanyaan dengan memilih jawaban yang tepat dengan tulisan yang benar;
3. Menyusun kata-kata menjadi kalimat lengkap, dengan tulisan yang benar;
4. Menjawab pertanyaan sesuai gambar alat-alat sekolah yang disediakan dengan tulisan yang benar.
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat
Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الإشارة البعيد tentang بعض الأشياء فى المدرسة
II. Materi Pembelajaran : Kosa Kata, Percakapan, Susunan Kalimat, Bacaan Dan Tulisan.
III. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demontrasi, Tanya Jawab dan Penugasan.
IV. Sumber Pelajaran : Buku Paket Bahasa Arab Kelas IV Dr. D. Hidayat dan Buku LKS Kelas IV
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Memberi salam.
Membaca doa bersama-sama.
Mengabsen siswa dan mengkondisikannya.
Menjelaskan bahwa pada pertemuan tersebut akan belajar pelajaran pertama tentang بعض الأشياء فى المدرسة .
2. Kegiatan Inti
Melafalkan mufradat baru tentang بعض الأشياء فى المدرسة dengan makhraj dan panjang pendek yang benar.
Menyebutkan arti tiap mufradat baru.
Melafalkan hiwar tentang بعض الأشياء فى المدرسة dengan makhraj serta intonasi yang benar.
Mendemontrasikan hiwar tentang بعض الأشياء فى المدرسة secara berpasangan dengan baik dan benar.
3. Kegiatan Akhir
Tanya jawab arti mufradat baru yang berkaitan dengan بعض الأشياء فى المدرسة
Memberikan tugas pekerjaan rumah.
Memberi salam.
Pertemuan 2
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi.
Menanyakan mufradat-mufradat sederhana yang telah dipelajari siswa pada pertemuan yang lalu yang berhubungan dengan بعض الأشياء فى المدرسة
2. Kegiatan Inti
Menilai hasil hafalan mereka.
Menjelaskan penggunaan ذلك، تلك dalam struktur kalimat.
Membuat susunan kalimat yang terdiri atas ذلك، تلك + إسم .
Melakukan tanya jawab tentang gambar أدوات مدرسية dengan menggunakan ذلك، تلك .
3. Kegiatan Akhir
Mengisi soal latihan yang ada dalam buku LKS
Pertemuan 3
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi
Bertanya kepada siswa/i tentang perbedaan penggunaan ذلك، تلك
Menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan penggunaan ذلك، تلك
2. Kagiatan Inti
Membaca pelajaran qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar.
Membaca pelajaran qira'ah sambil menunjuk sampel atau gambar أدوات مدرسية yang terdapat dalam materi qira'ah.
Menerjemahkan qira'ahأدوات مدرسية dengan baik dan benar.
3. Kegiatan Akhir
Menilai hasil pekerjaan siswa menerjemahkan qira'ah أدوات مدرسية.
Memberikan tugas pekerjaan rumah, mengisi soal latihan qira'ah tentang أدوات مدرسية.
Memberi salam.
Pertemuan 4
1. Kegiatan awal/pendahuluan
Apresepsi
Menilai hasil pekerjaan siswa
2. Kegiatan Inti
Menyalin bahan imla tentang أدوات مدرسية di buku tulis dengan tulisan yang baik dan benar.
Mencocokan tulisan siswa dengan tulisan guru yang ditulis di atas papan tulis.
Menilai hasil kerja siswa yang telah dicocokan.
Memperagakan cara penulisan huruf Arab yang benar.
Menjawab pertanyaan dengan memilih jawaban yang tepat dengan tulisan yang benar.
Menyusun kata-kata menjadi kalimat lengkap dengan tulisan yang benar.
Menjawab pertanyaan sesuai dengan gambar alat-alat sekolah yang disediakan dengan tulisan yang benar.
3. Kegiatan Akhir
Membuat karangan sederhana tentang بعض الأشياء فى المدرسة
VI. Penilaian : Teknis : Unjuk kerja (menghafal10 Mufradat baru tentang بعض الأشياء فى المدرسة))
: Tertulis
Bentuk Tes : Mengerjakan Soal-soal latihan dalam buku LKS bahasa Arab berupa PG, Isilah dan Jawablah.
Jakarta, .....................2009
Mengetahui
Kepala MI. As-Saudiyah Guru Bidang Studi
( HASANUDIN, S.Sos ) ( H. MOH. NASIR, S.Pd.I )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MI. As-Saudiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 8 x 35 Menit (4 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
3. Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الإشارة البعيد yang terdapat di dalam teks interaksional dan naratif yang disertai gambar.
Kompetensi Dasar :
3.2. Menyimak, bercakap, membaca, dan menulis tentang المهنة dengan struktur kalimat dasar yang meliputi إشارة / ضمير + إسم
Indikator : Kosa kata dan Percakapan (مفردات و حوار)
1. Melafalkan mufradat baru tentang المهنة dengan makhraj dan panjang pendek yang benar;
2. Menyebutkan arti tiap mufradat baru;
3. Menunjuk tiap gambar المهنة yang disediakan dalam bahasa Arab dengan benar.
4. Melafalkan hiwar tentang المهنة dengan makhraj serta intonasi yang benar;
5. Menyebutkan arti setiap ungkapan/kalimat hiwar dengan benar;
6. Memperagakan hiwar secara perpasangan dengan baik dan benar;
7. Membaca pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar.
: Susunan Kalimat (تركيب)
1. Membedakan penggunaan ذلك، تلك dan semua ضمير مفرد dalam kalimat;
2. Bertanya jawab tentang المهنة dengan struktur kalimat إشارة / ضمير + إسم
: Bacaan (قراءة)
1. Membaca bahan qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar;
2. Menjawab pertanyaan tentang kandungan qira'ah dengan benar.
: Tulisan (كتابة)
1. Menyalin bahan imla yang disediakan dengan tulisan yang benar;
2. Menyusun kata-kata menjadi kalimat lengkap, dengan tulisan yang benar;
3. Menjawab pertanyaan sesuai gambar المهنة yang disediakan dengan tulisan yang benar.
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat
Memahami sistem bunyi dan makna kata, kalimat, dan ungkapan, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase, dan kalimat sederhana dengan menggunakan إسم الإشارة البعيد tentang المهنة
II. Materi Pembelajaran : Kosa Kata, Percakapan, Susunan Kalimat, Bacaan Dan Tulisan.
III. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demontrasi, Tanya Jawab dan Penugasan.
IV. Sumber Pelajaran : Buku Paket Bahasa Arab Kelas IV Dr. D. Hidayat dan Buku LKS Kelas IV
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Memberi salam.
Membaca doa bersama-sama.
Mengabsen siswa dan mengkondisikannya.
Menjelaskan bahwa pada pertemuan tersebut akan belajar pelajaran pertama tentang المهنة.
2. Kegiatan Inti
Melafalkan mufradat baru tentang المهنة dengan makhraj dan panjang pendek yang benar.
Menyebutkan arti tiap mufradat baru.
Melafalkan hiwar tentang المهنة dengan makhraj serta intonasi yang benar.
Mendemontrasikan hiwar tentang المهنة secara berpasangan dengan baik dan benar.
3. Kegiatan Akhir
Tanya jawab arti mufradat baru yang berkaitan dengan المهنة .
Memberikan tugas pekerjaan rumah.
Memberi salam.
Pertemuan 2
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi.
Menanyakan mufradat-mufradat sederhana yang telah dipelajari siswa pada pertemuan yang lalu yang berhubungan dengan المهنة
2. Kegiatan Inti
Menilai hasil hafalan mereka.
Menjelaskan penggunaan ذلك، تلك dalam struktur kalimat.
Membuat susunan kalimat yang terdiri atas إشارة / ضمير + إسم .
Melakukan tanya jawab dengan struktur kalimat إشارة / ضمير + إسم dengan benar.
3. Kegiatan Akhir
Mengisi soal latihan yang ada dalam buku LKS
Pertemuan 3
1. Kegiatan awal/Pendahuluan
Apresepsi
Bertanya kepada siswa/i tentang perbedaan penggunaan ذلك، تلك
Menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan penggunaan ذلك، تلك
2. Kagiatan Inti
Membaca pelajaran qira'ah sederhana yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar.
Membaca pelajaran qira'ah sambil menunjuk sampel atau gambar المهنة yang terdapat dalam materi qira'ah.
Menerjemahkan qira'ah المهنة dengan baik dan benar.
3. Kegiatan Akhir
Menilai hasil pekerjaan siswa menerjemahkan qira'ah المهنة.
Memberikan tugas pekerjaan rumah, mengisi soal latihan qira'ah tentang المهنة.
Memberi salam.
Pertemuan 4
1. Kegiatan awal/pendahuluan
Apresepsi
Menilai hasil pekerjaan siswa
2. Kegiatan Inti
Menyalin bahan imla tentang المهنة di buku tulis dengan tulisan yang baik dan benar.
Mencocokan tulisan siswa dengan tulisan guru yang ditulis di atas papan tulis.
Menilai hasil kerja siswa yang telah dicocokan.
Memperagakan cara penulisan huruf Arab yang benar.
Menyusun kata-kata menjadi kalimat lengkap dengan tulisan yang benar.
Menjawab pertanyaan sesuai dengan gambar المهنة yang disediakan dengan tulisan yang benar.
3. Kegiatan Akhir
Membuat karangan sederhana tentang المهنة
VI. Penilaian : Teknis : Unjuk kerja (menghafal10 Mufradat baru tentang المهنة))
: Tertulis
Bentuk Tes : Mengerjakan Soal-soal latihan dalam buku LKS bahasa Arab berupa PG, Isilah dan Jawablah.
Jakarta, .....................2009
Mengetahui
Kepala MI. As-Saudiyah Guru Bidang Studi
( HASANUDIN, S.Sos ) ( H. MOH. NASIR, S.Pd.I )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar