H. MOH. NASIR

Jumat, 24 September 2010

LANJUTAN RPP PAI

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 1.2




Sekolah
:
SMP PUTRA NEGARA
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
1. Memahami Al-Qur’an ‎surat at-Tin
Kompetensi Dasar
:
1.2. ‎Menyebutkan arti QS at-Tin
Indikator

· Membaca arti mufradad surat at-Tin
· Mengartikan surat at-Tin
· Menjelaskan kandungan ayat surat at-Tin
Alokasi Waktu
:
1 X 40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membaca arti mufradad surat at-Tin, mengartikan surat at-Tin, dan dapat menjelaskan kandungan ayat surat at-Tin.

Materi Pembelajaran
Arti mufradad surat at-Tin
Arti surat at-Tin
Kandungan ayat surat at-Tin

Metode Pembelajaran
Ceramah
Demonstrasi
Tanya jawab
CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
Apresepsi
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
· Siswa membaca arti mufradad.
· Siswa berlatih mengartikan ayat demi ayat berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan tutor sebaya.
· Tutor sebaya menyampaikan kesulitan yang dialami kepada guru, guru bertindak sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup
· Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar
· Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
· LKS MGMP PAI SMP
· Mushaf Al-Quran
· VCD pembelajaran


Penilaian

Teknik
Tes tertulis

Bentuk Instrumen
· Tes isian
· Tes uraian


Instrumen

1. Lafaz وطور سينين artinya ....
2. Lafaz لقد خلقنا artinya ....
3. Lafaz أحسن تقويم artinya ....
4. Tulislah arti surat at-Tin ayat 4!
5. Tulislah arti surat at-Tin ayat 4!


Jakarta, Juli 2008
Mengetahui : Guru Mata pelajaran
Kepala Sekolah




MOH. ALI, S.Sos. M.Si H. MOH. NASIR, S.Pd.I


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 1.3




Sekolah
:
SMP PUTRA NEGARA
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
1. Memahami Al-Qur’an ‎surat at-Tin
Kompetensi Dasar
:
1.3. ‎Menyebutkan arti QS at-Tin
Indikator

· Mensimulasikan sikap beramal shaleh
· Membiasakan diri bersikap beramal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu
:
1 X 40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mensimulasikan sikap berserah sikap beramal shaleh serta membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Materi Pembelajaran
ٍikap beramal shaleh
Pembiasaan diri bersikap beramal shaleh dalam kehidupan sehari-hari

Metode Pembelajaran
Ceramah
Demonstrasi
Tanya jawab
CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
Apresepsi

Kegiatan Inti
· Siswa melakukan kegiatan pembiasaan berserah diri dalam setiap aktifitas belajar maupun pekerjaan yang lain.
· Siswa melaporkan kegiatannya.

Kegiatan Penutup
· Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar
· Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
· LKS MGMP PAI SMP
· Mushaf Al-Quran
· VCD pembelajaran



Penilaian

Teknik
Penilaian diri

Bentuk Instrumen
· Lembar penilaian diri /skala sikap






Instrumen


Pernyataan
Selalu
Sering
Jarang
Tidak Pernah
Skor 0
Skor 1
Skor 2
Skor 3
1
Saya melaksanakan perintah orang tua kalau diberi hadiah




2
Ketika ulangan saya berusaha agar mendapat nilai bagus walaupun harus menyontek




3
Ketika teman-teman merokok saya ikut-ikutan




4
Saya tidak usah berusaha karena kaya dan miskin sudah menjadi takdir Allah SWT




5
Saya telat membayar uang sekolah karena saya menerapkan sikap sabar






Jakarta, Juli 2008
Mengetahui : Guru Mata pelajaran
Kepala Sekolah




MOH. ALI, S.Sos. M.Si H. MOH. NASIR, S.Pd.I


Saran Kepala Sekolah :

..............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 2.1




Sekolah
:
SMP PUTRA NEGARA
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
2. Memahami Ajaran Al – ‎Hadits tentang ‎menuntut ilmu
Kompetensi Dasar
:
2.1. Membaca hadits tentang menuntut ilmu
Indikator

· Membaca hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih
· Menyalin hadits tentang menuntut ilmu dengan benar
· Hafal hadits tentang menuntut ilmu dengan lancar
Alokasi Waktu
:
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membaca hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar

Materi Pembelajaran
Hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih

Metode Pembelajaran
Ceramah
Demonstrasi
Tutor sebaya
Tanya jawab
CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran


Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
· Guru mendemonstrasikan bacaan hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih.
· Siswa berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.
· Tutor sebaya menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup
· Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar
· Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
· LKS MGMP PAI SMP
· Mushaf Al-Quran


Penilaian

Teknik
· Tes unjuk kerja



Bentuk Instrumen
· Tes identifikasi


Instrumen

Bacalah hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih dengan fasih, kemudian hafalkan!





Jakarta, Juli 2008
Mengetahui : Guru Mata pelajaran
Kepala Sekolah




MOH. ALI, S.Sos. M.Si H. MOH. NASIR, S.Pd.I


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 2.2




Sekolah
:
SMP PUTRA NEGARA
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
2. Memahami Ajaran Al – ‎Hadits tentang ‎menuntut ilmu
Kompetensi Dasar
:
2.2. ‎Menyebutkan arti hadits tentang menuntut ilmu
Indikator

· Membaca arti mufradad hadits tentang menuntut ilmu
· Mengartikan hadits tentang menuntut ilmu
· Menjelaskan kandungan hadits tentang menuntut ilmu
Alokasi Waktu
:
1 X 40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membaca arti mufradad hadits tentang menuntut ilmu, mengartikan hadits tentang menuntut ilmu, dan dapat menjelaskan kandungan hadits tentang menuntut ilmu.

Materi Pembelajaran
Arti mufradad hadits tentang menuntut ilmu
Arti surat hadits tentang menuntut ilmu
Kandungan hadits tentang menuntut ilmu

Metode Pembelajaran
Ceramah
Demonstrasi
Tanya jawab
CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
Apresepsi
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
· Siswa membaca arti mufradad.
· Siswa berlatih mengartikan hadits tentang menuntut ilmu berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan tutor sebaya.
· Tutor sebaya menyampaikan kesulitan yang dialami kepada guru, guru bertindak sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup
· Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?




Sumber Belajar
· Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
· LKS MGMP PAI SMP
· Mushaf Al-Quran
· VCD pembelajaran


Penilaian

Teknik
Tes tertulis

Bentuk Instrumen
· Tes isian
· Tes uraian

Instrumen
1. Lafaz النظافة artinya ....
2. Lafaz من الإيمان artinya ....
3. Lafaz نظيف artinya ....
4. Tulislah arti hadits tentang menuntut ilmu yang menyatakanbahwa menuntut ilmu itu sebagian dai iman!
5. Tulislah artinya!


Jakarta, Juli 2008
Mengetahui : Guru Mata pelajaran
Kepala Sekolah




MOH. ALI, S.Sos. M.Si H. MOH. NASIR, S.Pd.I

Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 2.3




Sekolah
:
SMP PUTRA NEGARA
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
2. Memahami al-Hadits tentang menuntut ilmu
Kompetensi Dasar
:
2.3. ‎Menyebutkan hadits tentang menuntut ilmu
Indikator

· Mensimulasikan sikap menjaga menuntut ilmu
· Membiasakan diri menjaga menuntut ilmu
Alokasi Waktu
:
1 X 40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mensimulasikan sikap berserah menjaga menuntut ilmu serta membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Materi Pembelajaran
Sikap menjaga menuntut ilmu.
Pembiasaan diri menjaga menuntut ilmu.

Metode Pembelajaran
Ceramah
Demonstrasi
Tanya jawab
CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
Apresepsi

Kegiatan Inti
· Siswa melakukan kegiatan pembiasaan berserah diri dalam setiap aktifitas belajar maupun pekerjaan yang lain.
· Siswa melaporkankegiatannya.

Kegiatan Penutup
· Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar
· Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
· LKS MGMP PAI SMP
· Mushaf Al-Quran
· VCD pembelajaran
Penilaian

Teknik
Penilaian diri

Bentuk Instrumen
· Lembar penilaian diri skala sikap

Instrumen


Pernyataan
Selalu
Sering
Jarang
Tidak Pernah
Skor 0
Skor 1
Skor 2
Skor 3
1
Saya memakai pakaian yang bersih dan rapi




2
Ketika akan shalat saya pasti wudu dan menggunakan pakaian yang suci




3
Saya mandi sehari paling tidak dua kali




4
Saya memotong kuku seminggu sekali




5
Ketika melihat sampah yang tercecer saya buang di tempat sampah.







Jakarta, Juli 2008
Mengetahui : Guru Mata pelajaran
Kepala Sekolah




MOH. ALI, S.Sos. M.Si H. MOH. NASIR, S.Pd.I

Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar