H. MOH. NASIR

Jumat, 24 September 2010

RPP PAI SMP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 1.1




Sekolah
:
SMP PUTRA NEGARA
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
1. Memahami Al-Qur’an ‎surat at-Tin
Kompetensi Dasar
:
1.1. Menampilkan bacaan QS at-Tin dengan ‎tartil dan benar
Indikator

· Membaca surat at-Tin dengan fasih
· Menyalin surat at-Tin dengan benar
· Hafal surat at-Tin dengan lancar
Alokasi Waktu
:
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membaca surat at-Tin dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar

Materi Pembelajaran
Surat at-Tin

Metode Pembelajaran
Ceramah
Demonstrasi
Tutor sebaya
Tanya jawab
CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan membaca al-Qur’an.
Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
· Guru mendemonstrasikan bacaan surat at-Tin.
· Siswa berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.
· Tutor sebaya menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup
· Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar
· Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
· LKS MGMP PAI SMP
· Mushaf Al-Quran


Penilaian

Teknik
· Tes unjuk kerja

Bentuk Instrumen
· Tes identifikasi
·


Instrumen

Bacalah surat at-Tin dengan fasih, kemudian hafalkan!




Jakarta, Juli 2008
Mengetahui : Guru Mata pelajaran
Kepala Sekolah




MOH. ALI, S.Sos. M.Si H. MOH. NASIR, S.Pd.I


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar